Tak sehat, izin usaha BPRS Muamalat Yotefa dicabut

Tak sehat, izin usaha BPRS Muamalat Yotefa dicabut

Foto ilustrasi – Pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Otoritas Jasa Keuangan resmi mencabut izin usaha Bank Perkreditan Rakyat Syariah Muamalat Yotefa yang beroperasi di Kota Jayapura, Papua, terhitung sejak Rabu (15/5/2019). Pencabutan izin usaha itu dilakukan setelah upaya penyehatan perbankan Bank Perkreditan Rakyat Syariah Muamalat Yotefa sejak 2016 dinilai gagal.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Papua dan Papua Barat, Adolf  Fiktor Tunggul Simanjuntak mengatakan izin usaha Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Muamalat Yotefa dicabut setelah berbagai upaya inisiasi gagal. “Oleh karena itu kami mencabutnya izin usaha BPRS Muamalat tersebut,” ujarnya.

Menurut Simanjuntak, BPRS Muamalat Yotefa memiliki sekitar 300 nasabah, dengan total Dana Pihak Ketiga tercapat Rp730 juta. Simanjuntak menyatakan seluruh Dana Pihak Ketiga itu akan segera dikembalikan abah oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kepada para nasabahnya.

Simanjuntak menyatakan seluruh BPR lain yang beroperasi di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat terkategori sebagai bank yang sehat. “Posisi Maret ini,  BPR di Papua terkategori modal cukup dan tingkat kesehatan sehat, pertumbuhan kredit ada dan tren laba meningkat. Kami prediksi tidak ada lagi BPR yang menyusul (dicabut izin usahanya,” katanya.

Maulana Marhaban dari Grup Likuidasi LPS  mengatakan dengan pencabutan izin usaha itu, LPS secara otomatis menjalankan fungsi penjaminan dan melakukan likuiditas sesuai peraturan perundang-undangan. Maulana memperkirakan pihaknya akan bisa menyelesaikan pengembalian dana pihak ketiga paling lambat 90 hari sejak izin usaha BPRS Muamalat Yotefa resmi dicabut.

“Dalam rangka pembayaran klaim, LPS akan terlebih dahulu melakukan rekonsiliasi dan verifikasi atas data simpanan dan informasi lainnya untuk menetapkan simpanan layak dibayar ataupun tak layak dibayar. Sekurangnya akan diselesaikan paling lama 90 hari,” ujarnya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)