Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Taliban jamin keamanan palang merah

Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Kabul, Jubi – Taliban mencabut larangan kehadiran Komite Internasional Palang Merah (ICRC) di Afghanistan sekaligus memberikan jaminan keamanan bagi para stafnya melakukan pekerjaan kemanusiaan di sejumlah kawasan yang berada di bawah kendali mereka.

Para pemimpin Taliban sebelumnya memberlakukan larangan atas ICRC dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada April dengan alasan organisasi-organisasi tersebut melakukan kegiatan “mencurigakan” ketika mengkampanyekan program vaksinasi.

“Emirat Islam memulihkan jaminan keamanan kepada ICRC di Afghanistan dan memerintahkan semua pejuang mujahidin untuk membantu kegiatan-kegiatan ICRC dan memberikan jaminan keamanan kepada para pekerja dan peralatan komite itu,” kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid, dalam sebuah pernyataan, Minggu, (15/9/2019).

Baca juga : Ini penyebab Trump batal gelar perundingan dengan Taliban

Taliban beri syarat ini untuk pembicaraan dengan Afghanistan

Pasukan Taliban serbu distrik di Afghanistan Barat

Loading...
;

Taliban menyebut dirinya sebagai Emirat Islam Afghanistan, Jubir itu tidak menyebut WHO dalam pernyataan itu. Para pejabat di ICRC dan WHO di Kabul tidak segera memberikan komentar atas keputusan Taliban itu.

Tercatat WHO melakukan kampanye vaksinasi di Afghanistan, salah satu negara-negara di dunia yang masih ditemukan endemik polio dan menyediakan dukungan medis selama lebih 30 tahun.

Kelompok-kelompok yang menyediakan bantuan dan beroperasi di Afghanistan menyatakan mereka tidak berpihak. ICRC khususnya dikenal sebagai organisasi yang memperlihatkan kenetralan di dalam konflik-konflik. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top