Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Tentara Australia bantu distribusikan logistik pemilu PNG

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua,

Port Moresby, Jubi – Pasukan Pertahanan Australia (ADF) membantu proses distribusi logistik pemilu Papua Nugini. Selama seminggu terakhir, ADF telah mendistribusikan kurang lebih 45.661 kilogram logistik pemilu yang sensitif dari Port Moresby ke seluruh provinsi di Papua Nugini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum, Patilias Gamato mengatakan seluruh logistik sensitif itu telah tiba di semua provinsi dan tengah disortir untuk kemudian didistribusikan ke tempat-tempat pemungutan suara. Logistik sensitif yang dimaksud yaitu surat suara, poster kandidat, jadwal pemungutan suara, telepon genggam untuk petugas pemungutan suara, tinta dan daftar hasil pemungutan.

Sekitar 500 pengamat pemilu dari seluruh dunia juga telah tiba di Port Moresby dan akan segera melaksanakan tugasnya. Mereka akan menggelar pertemuan besar di Airways pada Selasa (20/6/2017) dengan seluruh pimpinan partai politik.

Material sensitif untuk kawasan NGI, Momase dan Southern telah diserahkan akhir pekan lalu, sementara untuk kawasan Highlands telah dimulai pada Jumat lalu dan selesai di akhir pekan.

Kemarin, logistik sensitif terakhir telah didistribusikan oleh ADF menggunakan pesawat militer C-130. “Kemarin ada tiga penerbangan dari Port Moresby dan dari skuadron transportasi udara tentara pertahanan Papua Nugini (PNGDF) oleh pesawat militer ADF C-130 di pagi hari yang akan mengirimkan logistik sensitif ke Jiwaka dan Chimbu via Mt Hagen. Pesawat lalu kembali sebelum tengah hari untuk menjemput logistik pemilu untuk EHP dan provinsi Hela. Pengiriman logistik terakhir dikirimkan pada hari Minggu siang untuk kawasan Tari dan pesawat langsung tiba pada sore harinya,” ujar Gamato.

Peran ADF dalam distribusi logistik pemilu hanya terbatas untuk logistik sensitif. Sementara untuk logistik nonsensitif seperti perlengkapan pemungutan suara, bilik suara, lem, dan alat tulis sudah tiba di semua provinsi menggunakan perjalanan darat.

Loading...
;

**

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top