Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Terkendala infrastruktur jalan, TPA Waibron hingga kini belum difungsikan

Tempat penampungan sampah sementara di Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kabupaten Jayapura yang terletak di Waibron Distrik Sentani Barat Moi hingga saat ini belum dipergunakan lantaran, infrastruktur jalan yang menuju ke TPA belum juga diperbaiki oleh Balai Jalan Provinsi Papua.

Kepala Dinas Pekrjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, mengatakan pembangunan TPA sudah selesai, hanya saja infrastruktur jalan menuju ke TPA yang jaraknya belasan kilometer dari jalan protokol, hingga kini belum diperbaiki.

“Jalan masuk sudah sampai di TPA, hanya saja belum diaspal. Karena jarak yang cukup jauh dan ada sedikit menanjak di bagian dalamnya maka jalan tersebut harus diaspal,” ujar Toam, saat ditemui di Sentani, Kamis (26/9/2019).

Dikatakan, TPA Waibron ini akan dioperasikan dalam akhir tahun ini, kalau jalan sudah dikerjakan. Oleh sebab itu menyangkut masalah teknis pihakya sudah koordinasikan dengan Pemerintah Provinsi Papua. Apabila belum dikerjakan maka Pemerintah Kabupaten Jayapura akan mengambil alih pekerjaan tersebut.

Loading...
;

“Di TPA ini juga akan menyerap banyak tenaga kerja, karena bukan hanya sebagai tempat penampungan sampah tetapi juga ada produksi dan pembinaan masyarakat. Sehingga hal ini perlu diperhatian dengan baik oleh kita semua. Untuk sementara sampahnya tetap dibuang pada tempat sampah sementara atau bak penampungan yang disiapkan di masing-masing lokasi dan lingkungan perumahan,” jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Hanna Hikoyabi, mengatakan pencangan Kabupaten Jayapura Go Adipura, syarat mutlaknya dalah kepemilikan TPA sebagai tempat produksi sampah dan dioleh menjadi bahan yang dapat digunakan kembali.

“Sampah-sampah yang dibuang nanti akan dipisahkan. (Sampah) yang bisa didaur ulang akan dipisah, sementara yang tidak bisa akan dimusnahkan. Hal ini dilakukan juga agar ada tempat tersebut dapat menyerap tenaga kerja dari lingkungan masyarakat untuk dapat diberdayakan dalam proses pekerjaan di tempat tersebut,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top