Tiga petisi lawan pemerintah demokrat Tonga diajukan

Tiga petisi lawan pemerintah demokrat Tonga diajukan

Raja Tupou VI. – Kaniva Tonga

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nuku’alofa, Jubi – Raja Tupou VI memerintahkan, agar tiga petisi untuk menyerang pemerintah yang diterima dalam beberapa tahun terakhir, segera dirujuk ke Ombudsman.

Petisi-petisi itu telah diatur dan diajukan oleh musuh bebuyutan lama pemerintah, dan menuntut agar pemerintah dibubarkan.

Dimulai dari Agustus sampai November 2017, juru bicara parlemen mendorong Raja Tupou VI untuk membubarkan Parlemen dan menendang pemerintahan ‘Akilisi Pohiva dari kantornya. Meski berhasil, pemerintahan Pohiva kembali masuk kantor PM, pada pemilihan umum berikutnya.

Pada Juni tahun lalu, sebuah petisi yang ditanda tangani oleh 3.000 orang untuk memberhentikan PM dan tujuh menteri di kabinetnya, diajukan ke parlemen.

Kemudian pekan lalu, menurut liputan Radio New Zealand yang juga dilaporkan di Kaniva Tonga pekan lalu, mengungkapkan sebanyak tiga petisi dengan lebih dari 10.000 tanda tangan, telah disampaikan ke istana Raja Tupou VI di Nuku’alofa dalam rentang beberapa hari.

Mantan menteri pemerintah, Clive Edwards, mengajukan satu petisi yang ditanda tangani oleh berbagai mantan politisi. Petisi yang kedua diajukan oleh anggota parlemen (MP) dari perwakilan keluarga bangsawan, Lord Nuku, yang membawa petisi mewakili keluarga-keluarga bangsawan di negara itu. Petisi ketiga disampaikan oleh mantan MP Teisina Fuko sebagai anggota masyarakat umum.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan hari ini, di bawah segel Kerajaan Tonga, menyatakan Kantor Ombudsman akan menyelidiki keluhan-keluhan dalam petisi yang diterima Raja, dan menindaklanjuti sesuai dengan situasi, dan memutuskan apakah maladministrasi telah terjadi.

Kantor Ombudsman akan melapor temuan mereka langsung kepada raja. (Kaniva Tonga News)


Editor: Kristianto Galuwo

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)