Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Tiga venue hasil inpres percepatan segera dibangun

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali saat melakukan kunjungan ke Stadion Papua Bangkit – Jubi/Roylinus Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Diterbitkannya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Percepatan Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua, menjadi landasan dipercepatnya pembangunan venue dalam waktu dekat.

Tiga venue yang akan dibangun adalah venue Panahan, venue Dayung, dan venue Sepatu Roda. Anggaran yang disiapkan adalah sebesar Rp135 Miliar.

Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Papua, Alex Kapisa mengatakan, pembangunan tiga venue harus selesai pada Agustus 2020 sesuai dengan kontrak.

“(Kenapa), karena kami butuh satu bulan untuk tes ivent untuk masing-masing venue. Kalau APBN melalui Inpres (Nomor 1 Tahun 2020 ) ini dalam waktu dekat sudah mobilisasi peralatan dan pekerja untuk membangun,” kata Kapisa, Kamis (13/2/2020).

Dikatakan, tiga venue yang akan dibangun adalah venue Panahan di Kampung Harapan (belakang Stadion Papua Bangkit), venue Dayung di Teluk Youtefa, dan venue Sepatu Roda di Bumi Perkemahan (Buper), Waena.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menambahkan, pembangunan tiga venue tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat.

Loading...
;

“Untuk pembangunan tiga venue sesuai dengan amanah Inpres percepatan PON ada beberapa kendala namun sudah selesai dibahas, misalnya ada berubahan tempat, kemudian ada material yang harus didatangkan dari Papua, kami memaklumi hal tersebut, tetapi semuanya bisa selesai sebagaimana yang direncanakan bahkan untuk tes ivent,” kata Zainudin.

Sedangkan, untuk tes ivent kata Zainudin, dikembalikan kepada masing-masing cabor.

“Kapan apa mereka (cabor) mau lakukan tes ivent. Yang terpenting adalah kesiapan venue sudah siap untuk pelaksanaan (PON XX) tersebut. Secara umum kita tidak perlu khawatir soal Papua menjadi tuan rumah PON XX,” ujarnya.

Sementara itu, John Wempi Wetipi mengatakan, anggaran untuk pembangunan sudah disiapkan Pemerintah.

“Anggarannya sudah ada sebesar Rp135 miliar untuk pembangunan tiga venue, yaitu venue sepatu roda, panahan, dan venue dayung,” kata John Wempi Wetipo, Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam kunjungannya ke Jayapura belum lama ini.

Dengan adanya Inpres tersebut, Wetipo berharap pembangunan segera dilakukan, sehingga sebelum pelaksanaan PON, tiga venue tersebut sudah selesai.

“Pengerjaannya sambil menunggu Inpres. Nah, Inpres yang baru ini kan sudah ada, maka akan dikerjakan dalam waktu dekat. Sebelumnya kan belum ada Inpres, jadi belum bisa dikerjakan. Kalau dipaksakan (sebelum adanya Inpres) akan bermasalah di kemudian hari,” ujarnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top