HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Tiket pesawat mahal, KONI Maluku Utara butuh tambahan dana untuk ikuti pra-PON

Foto ilustrasi, logo KONI – Dok.Jubi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Selasa – Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI Maluku Utara mengusulkan tambahan dana ke pemerintah provinsi setempat untuk membiayai keikutsertaan sejumlah cabang olahraga dalam pra-kualifikasi Pekan Olahraga Nasional atau pra-PON XX Papua 2020. Hal itu dinyatakan Ketua Umum KONI Maluku Utara, Jafar Umar di Ternate, Selasa (9/7/2019).

Jafar Uma mengatakan dana yang dimiliki KONI Maluku Utara untuk membiayai cabang olahraga yang mengikuti pra-PON Papua hanya Rp2 miliar. Padahal, untuk membiayai keikutsertaan KONI Maluku Utara dalam pra-PON Papua 2020 itu dibutuhkan dana sekitar Rp5 miliar.

Karena itu, KONI Maluku Utara mengajukan usulan tambahan anggaran senilai Rp3 miliar kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara. Usulan dana sebesar Rp3 miliar itu, kata Jafar, sudah disampaikan melalui pelaksana Sekretaris Daerah Bambang Hermawan. Jafar berharap usulan itu dapat segera direalisasikan, mengingat pelaksanaan pra-PON berbagai cabang olahraga segera digelar.

Jafar menyatakan membengkaknya kebutuhan biaya untuk mengikuti pra-PON XX itu disebabkan mahalnya harga tiket pesawat ke Papua. Menurut dia, KONI Maluku Utara semula memperkirakan dana yang dibutuhkan untuk membiayai atletnya dalam pra-PON Papua hanya berkisar Rp10 juta per orang. Perkiraan anggaran itu sudah mencakup uang saku, akomodasi dan transportasi dari Ternate ke daerah tempat pelaksanaan pra-PON.

Loading...
;

Akan tetapi, dana sebesar itu tidak lagi mencukupi setelah adanya kenaikan harga tiket pesawat. Jafar menghitung, harga tiket pesawat untuk pesawat dari Ternate ke Jakarta atau kota lainnya di Pulau Jawa yang semula dihitung hanya Rp2 juta-an, kini telah naik menjadi di atas Rp3 juta-an.

Pra-PON bagi setiap cabang olahraga, kata Jafar Umar, menjadi satu-satunya jalur untuk bisa ikut pada PON XX Papua. Jika Maluku Utara ingin ambil bagian dalam PON XX Papua yang akan berlangsung pada 2020 nanti, para atlet Maluku Utara harus mengikuti pra-PON XX Papua.

Jafar menambahkan, ada beberapa cabang olahraga yang diharapkan pada pra-PON nanti bisa lolos ke PON Papua, seperti tinju, futsal dan atletik. Dalam PON Bandung lalu, para atlet dari cabang olahraga itu berhasil menyumbangkan medali bagi Kontingen Maluku Utara. Cabang olahraga tinju misalnya,  menyumbang satu medali emas.

KONI Maluku Utara mengharapkan adanya dukungan dana dari para pelaku usaha di Maluku Utara untuk memaksimalkan persiapan berbagai cabang olahraga dalam mengikuti pra-PON Papua. Para pelaku usaha di Maluku Utara itu dapat membantu dengan menjadi sponsor, atau memberikan bantuan pendanaan dalam bentuk lain.

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top