Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Tiongkok mungkin bisa menangkan aliansi Kepulauan Solomon

Politisi Kepulauan Solomon, MP Rick Hou, dan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. – ABC News/Taiwan’s Office of the President

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Kepulauan Solomon harus memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Taiwan dan beralih ke Tiongkok, menurut seorang anggota parlemen senior yang mewakili bangsa kepulauan Pasifik Selatan Tersebut.

Keputusan untuk berpindah hubungan diplomatik itu, yang masih dikaji ulang hingga saat ini, dan akan menjadi suatu kemenangan bagi Beijing mengetahui upaya negara itu untuk merampas sekutu Taiwan, yang dianggap Tiongkok sebagai provinsi yang berusaha untuk memisahkan diri.

Saat ini hanya 17 negara yang mengenali Taiwan, termasuk di antaranya Kota Vatikan dan serangkaian negara kecil Pasifik, Karibia, dan Amerika Latin.

Anggota parlemen (MP) Kepulauan Solomon, Peter Shanel Agovaka, menyampaikan kepada komite parlemen, bahwa setelah empat dekade Solomon merdeka dan memiliki aliansi jangka panjang dengan Taiwan, sudah tiba saatnya untuk melakukan perubahan.

Loading...
;

“Kita tidak bisa terus bertahan dengan teman kita, Taiwan, selama 40 tahun ke depan. Sudah saatnya kita memulai persahabatan yang baru – sekarang saatnya kita harus maju,” menurut Agovaka, dalam rekaman pertemuan yang diperoleh Reuters.

“Hubungan Diplomatik yang baru ini terkait dengan Kebijakan Satu Tiongkok atau One China; Kebijakan Satu Tiongkok yang hanya mengakui Beijing sebagai pemerintah resmi,” lanjutnya.

Agovaka adalah seorang menteri senior Kepulauan Solomon dan pemimpin delegasi pemerintah, yang baru-baru ini bertemu untuk berbicara langsung dengan Beijing. Namun, ia bukan bagian dari gugus tugas pemerintah yang bertugas untuk mempelajari isu, apakah negara tersebut perlu secara resmi memutuskan untuk beralih ke Beijing. Gugus tugas ini sendiri dilaporkan penuh dengan anggota parlemen (MP) yang mendukung suatu perubahan diplomatik, dua politisi yang mengetahui tentang masalah ini berkata langsung kepada Reuters.

Tiongkok dan Taiwan telah berjuang untuk mendapatkan pengakuan diplomatik di Pasifik Selatan selama beberapa dekade, dengan beberapa negara di kawasan ini telah beralih ke Tiongkok demi keuntungan finansial.

Kepulauan Solomon – negara terbesar dari negara-negara Pasifik pendukung Taiwan – telah mengakui Taiwan sejak 1983.

Taiwan berkata mereka sedang menyaksikan perkembangan di Solomon. “Hubungan kami dengan Kepulauan Solomon saat ini stabil, tetapi kami sedang memantau situasi dan perkembangan di sana,” kata Joanne Ou, juru bicara kementerian luar negeri Taiwan.

Berkomentar dalam konferensi pers hariannya di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Geng Shuang, berkata Tiongkok bersedia membangun hubungan diplomatik dengan semua negara berdasarkan prinsip satu Tiongkok. (ABC News)


Editor : Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top