Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Tokelau siap-siap pemilu pekan ini

Pemimpin atau Ulu o Tokelau, Kelihiano Kalolo, at COP 25 last year. – RNZ Pacific / Jamie Tahana

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nukunonu, Jubi – Warga negara Tokelau akan menuju ke TPA terdekat pada Kamis (23/1/2020), untuk memilih pemerintah kesepuluh wilayah itu.

Warga negara Tokelau di Atol Fakaofo, Nukunonu dan Atafu – serta orang Tokelau yang menetap di Apia, Samoa – berhak untuk memilih dalam pemilu ini.

Dalam tugas terakhirnya sebagai Ulu o Tokelau, Kelihiano Kalolo, atas nama pemerintah, atau dewan, mendesak pemilih untuk berupaya sebaik mungkin agar bisa berpartisipasi dalam pemilu mendatang.

Dia juga mengimbau warga untuk mempertahankan sejarah reputasi sebelumnya, dengan berperilaku damai dan tertib.

Lima dari enam anggota dewan Tokelau periode ini akan mencalonkan diri kembali dalam pemilu ini.

“Atas nama dewan dan anggota dewan yang terpilih, saya berharap yang terbaik bagi semua kandidat dalam aspirasi mereka untuk melayani bangsa kecil kita,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Loading...
;

“Kita juga mengakui kerja keras komite-komite pemilu desa, kantor pemilihan nasional, dan semua yang terlibat dalam mempersiapkan masyarakat kita, untuk mengambil bagian dalam pemilu yang adil dan damai. Tokelau mo te Atua (Tokelau untuk Tuhan).”

Sebagai bagian dari pemerintah Tokelau yang kesembilan selama tiga tahun terakhir, ia menekankan banyak yang telah dicapai dalam hal pembangunan dan infrastruktur.

Dia juga menegaskan ‘konsolidasi kembali hubungan’ antara Tokelau dan Selandia Baru, yang ditegaskan oleh kunjungan Perdana Menteri Jacinda Ardern ke Tokelau tahun lalu. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top