Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Tomas, Anggota TNI Pertama dari Suku Korowai Momuna Papua

Kepala Penghubung Kodim 1702 Jayawijaya di Yahukimo Ivan Pambudi Sitia, Wakil Bupati Yahukimo Yulianus Heluka, Tomas Keike anggota TNI pertama dari suku Momuna dan keluarganya – Piter Lokon/Jubi.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Dekai, Jubi – Tomas Keikera adalah orang pertama di lembah Korowai, dari suku Momuna yang menjadi angggota Tentara Nasional Indonesia (TNI). Ia adalah orang asli suku Momuna yang tinggal di lembah Korowai yang termasuk Wilayah administrasi Kabupaten Yahukimo. Warga lembah Korowai biasa hidup dari meramu dan berburu.

Ia tamatan Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Dekai dan melanjutkan pendidikan ke SMP Negeri 1 Dekai. Ia menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Dekai pada tahun 2015.

Pada tahun 2019 Tomas mengikuti tes seleksi tamtama TNI. Tak dinyana, Tomas berhasil lulus dan diterima. Raihan prestasi ini juga tak lepas dari dukungan dari  Danpos Koramil Yahukimo, Soli Pahabol dan Babinsa Wilayah Yahukimo, Taki Kogoya,  sehingga ia pulang setelah ikuti pendidikan di Jayapura

“Hari ini saya jemput anak saya tentara, karena lewat Bapa Soli dan Taki anak saya bisa jadi TNI. Saya harap anak kami ini bisa tugaskan di Yahukimo untuk jaga kami, anak jangan lepaskan orang tua dan kami tidak lepaskan anak. Kami minta dia kerja di Yahukimo,” kata Soleman Keike, Kaka Kandung Tomas.

Loading...
;

Babinsa Wilayah Dekai, Kabupaten Yahukimo, Taki Kogoya mengatakan, target mereka sebelum pensiun adalah mencetak anak – anak Momuna untuk menjadi tentara.

“Sebelum saya pensiun orang Momuna harus menjadi tentara itu adalah target saya. Akhir ini anak pertama yang kami kirim mengikuti pendidikan di Jayapura dan kembali hari ini. Tapi untuk ditugaskan dimana itu tanggung jawab atasan kami. Saya sebagai kaka, Babinsa di wilayah ini, kami kerja keras saya dan Pa Soli Pahabol.  Cita-cita saya dan Pa Soli Pahabol adalah sebelum kami dua pensiun, kami cetak orang-orang lembah Momuna ini harus menjadi tentara 10 atau 20 orang Momuna itu kami punya jata, itu target kami. Terima kasih Tomas dan keluarga,” kata Taki Kogoya Babinsa di Wilayah Dekai.

Ia mengharapkan, orang Momuna terus berlomba, dan harus sekolah agar bisa meraih prestasi seperti Tomas. Ia juga berharap, apa yang dicapai Tomas bisa menginspirasi anak – anak lain.

Sementara itu, Wakil Bupati Yahukimo, Yulianus Heluka  memberikan apresiasi karena ada anak asli Momuna yang menjadi anggota TNI.

“Kami Pemerintah Kabupaten Yahukimo karena orang Mumuna bisa menjadi anggota TNI, jadi kami bangga. Karena anak Pribumi yang Tuhan tempatkan disini, salah satunya adalah adik Tomas Keike bisa menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia. Jadi Khusus orang Momuna, harus ikuti apa yang dilakukan oleh Tomas Keike. Maka kami sampaikan terima kasih kepada keluarga suku Momuna, lebih khusus Tomas. Anda sukses hari ini jadi TNI, jadi pendidikan adalah mendewasakan orang,” kata Wakil Bupati.(*)

 

Editor       : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top