Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Tomi Mano dukung rencana relokasi warga dari Cagar Alam Cycloop

Pohon-pohon pun tercabut dengan akarnya diterjang banjir bandang pada hari Sabtu (16/3/2019) malam – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Rencana Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe untuk merelokasi para warga yang bermukim di kawasan Cagar Alam Cycloop terus mendapat dukungan dari berbagai pihak. Setelah didukung sejumlah bupati dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua, kini giliran Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano menyatakan mendukung rencana Enembe itu.

Tomi Mano menyatakan Cagar Alam Cycloop adalah penopang daya dukung lingkungan Kota Jayapura maupun Kabupaten Jayapura. Jika cagar alam itu rusak, maka kehidupan warga di Kabupaten Jayapura maupun Kota Jayapura akan terdampak.

“Cycloop itu mama kami. Jangan sakiti Cycloop lagi, karena Cycloop memberikan kehidupan bagi masyarakat di Kota Jayapura maupun Kabupaten Jayapura. Cycloop (sudah) menangis, dan mengakibatkan banjir bandang. Saya mengingatkan demikian, karena saya mencintai orang Papua,” kata Mano di Jayapura, Senin (25/3/2019).

Mano menyatakan pihaknya telah beberapa kali datang meminta para pemukim di sana untuk meninggalkan Cagar Alam Cycloop. “Kami sudah berupaya mengatakan mengingatkan masyarakat (yang bermukim di sana). Akan tetapi, staf dinas terkait justru diusir oleh warga yang bermukim di sana. Musibah (banjir bandang) itu (harus) menjadi pelajaran bagi kami untuk waspada,” katanya.

Loading...
;

Pasca banjir bandang yang menerjang Kabupaten Jayapura pada Sabtu (16/3/2019), Gubernur Papua Lukas Enembe mengumumkan rencana untuk merelokasi para warga yang bermukim di dalam Cagar Alam Cycloop. Para warga yang bermukim di Pegunungan Robhong Holo atau biasa disebut Cycloop itu akan direlokasikan ke daerah jalan trans Papua Jayapura-Wamena.

Baca: Para bupati dukung rencana gubernur merelokasi warga

Sejumlah 28 bupati di Papua telah menyatakan mendukung rencana Gubernur Papua Lukas Enembe untuk merelokasi warga yang bermukim di Pegunungan Robhong Holo atau biasa disebut Cycloop, ke daerah jalan trans Papua Jayapura-Wamena. Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda mengatakan keputusan Gubernur itu demi kebaikan masyarakat.

“Ide ini dari Gubernur, jadi kami siap saja. Jika berkaitan dengan masyarakat kita siap (membantu). Mekanismenya seperti apa, itu tergantung dari Gubernur,” kata Wonda kepada wartawan, di Jayapura, Kamis (21/3/2019).

Wonda juga mengaku siap membantu Pemerintah Provinsi Papua untuk mensosialisasikan rencana relokasi itu kepada masyarakat. “Masyarakat kami (yang berasal dari Kabupaten Puncak Jaya) banyak yang tinggal di sana, jadi kami siap membantu (menjelaskan rencana relokasi itu kepada) mereka,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Bupati Yahukimo Abock Busup. Dirinya mengaku mendukung apa yang menjadi keputusan Gubernur.”Kami pada dasarnya siap saja, apalagi jika berkaitan dengan masyarakat kita. Nanti mekanismenya seperti apa itu tergantung dari gubernur,” kata Busup di Jayapura, Kamis.

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top