Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Tonga bayar tunggakan ke PBB

Raja Tupou VI. – Matangi Tonga

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nuku’alofa, Jubi – Senin kemarin (13/1/2020) Tonga telah melunasi pembayaran minimum kepada PBB sebesar AS $16.444, setelah kehilangan hak untuk memilih di Majelis Umum PBB pada 7 Januari lalu akibat akumulasi iuran tahunan yang belum dibayar.

Edgar Cocker, CEO dari Kementerian Luar Negeri negara itu berkata kepada Matangi Tonga Online Selasa ini (14/1/2020), bahwa pembayaran tersebut telah disetujui oleh pemerintah sejak 13 November 2019. Ia menerangkan keterlambatan dalam pembayaran itu disebabkan oleh “karena orang yang bertanggung jawab melakukan itu sedang bepergian ke luar negeri”. Dia menambahkan pembayaran telah dilakukan Senin kemarin.

Meskipun begitu, jatuh tempo biaya tahunan PBB jatuh pada 1 Februari setiap tahunnya, dan Tonga sudah ketinggalan dua tahun.

Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres, pada 7 Januari lalu, mengumumkan Tonga sebagai salah satu dari tujuh negara yang telah kehilangan hak pilihnya dalam Majelis Umum beranggotakan 193 negara, karena mereka terlalu jauh ketinggalan dalam membayar biaya tahunannya. Dia menyampaikan jumlah pembayaran minimum yang diperlukan dilunaskan oleh Tonga untuk mengurangi jumlah tunggakannya adalah AS $ 16.444 .

Jumlah total kewajiban Tonga kepada PBB tidak disebutkan, tetapi pada 2019 Tonga diharapkan untuk membayar kontribusi bersih sebesar AS $ 27.883. Jika diasumsikan bahwa jumlah kontribusi wajib Tonga pada 2018 kurang lebih sama, maka utang Tonga setidaknya AS $ 72.210.

Loading...
;

Edgar juga tidak memberikan rincian jumlah penuh tunggakan Tonga ke PBB, atau berapa tahun tunggakannya yang belum lunas, atau bagaimana Tonga merencanakan untuk membayar sisa.

Sementara itu, negara-negara lain telah mulai membayar iuran tahunan 2020 mereka bulan ini, dan diharapkan akan melunaskan pembayaran anggaran mereka secara penuh dalam jangka waktu 30 hari, seperti yang ditentukan dalam Peraturan Keuangan PBB (paling lambat 1 Februari 2020).

Tahun ini Tonga akan diwajibkan membayar sekitar AS $30.000 (setara dengan 0,001% dari anggaran tahun 2020 PBB yaitu $ 3,07 miliar).

Tonga tidak diperbolehkan untuk memilih selama sisa waktu Sidang ke-74 PBB, yang akan berakhir pada September. Komite kontribusi PBB akan bertemu pada Juni, untuk mengkaji kewajiban dan pembayaran negara-negara. (Matangi Tonga)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top