Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Udara di Palangka Raya berbahaya untuk kesehatan

Ilustrasi, pixabay.com

Tercatat angka partikulat meter PM10 udara di daerah tersebut menyentuh 495

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Palangka Raya, Jubi – Kualitas udara di Kota Palangka Raya dinyatakan mulai membahayakan kesehatan warga setempat. Tercatat angka partikulat meter PM10 udara di daerah tersebut menyentuh 495.

“Kondisi saat ini angka PM10 itu menyentuh 495 sehingga masuk dalam kategori berbahaya,” kata Kepala UPT Laboratorium Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup, Kota Palangka Raya, Bowo Budiarso, Senin, (12/8/2019).

Baca juga : Kabut asap, warga Palembang diimbau pakai masker

Loading...
;

Dumai Tertutup Kabut Asap, Sekalipun Bukan Titik Api

Mendikbud: Kabut Asap Ganggu Program Pendidikan

Kualitas udara itu ditetapkan  mengacu lima indikator minimal yang harus terpenuhi, yakni partikulat meter 10 (PM10), sulfur dioksida (SO2), karbon dioksida (CO2), ozone (O3) dan nitrogen oksida (No2).

“Jika salah satu dari lima indikator tersebut angkanya sudah menyentuh angka minimal 300 maka udara dinyatakan berbahaya. Kondisi ini telah terjadi di Palangka Raya sejak beberapa waktu lalu,” kata Bowo menjelaskan.

Menurut dia, buruknya kualitas udara di Palangka Raya itu karena maraknya kebakaran hutan dan lahan yang berimbas pada semakin pekatnya kabut asap yang menyelimuti kota setempat. Dengan kondisi itu ia mengimbau dan mengajak masyarakat turut menanggulangi kebakaran hutan dan lahan serta tak lagi melakukan pembakaran untuk pembersihan lahan.

Buruknya kualitas udara di Kota Palangka Raya, membuat Dinas Pendidikan setempat pun meliburkan sekolah pada Senin (12/8/2019). Hal ini untuk meminimalkan dampak buruk kabut asap bagi kesehatan para siswa yang sebagian masih enggan menggunakan masker saat beraktivitas. Sejumlah sekolah yang belum libur pun memutuskan untuk memulangkan siswanya lebih awal. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top