HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Umat harapkan OAP jadi Uskup Merauke

Tokoh umat Katolik Keuskupan Merauke, Romanus Mbaraka ketika diwawancarai di Jayapura – Jubi/DAM

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tokoh umat Katolik Merauke, Romanus Mbaraka, mengharapkan agar Keuskupan Agung Merauke (KAME) kelak dipimpin uskup orang asli Papua (OAP) dari wilayah selatan Papua.

“Harapan umat Merauke segera ada uskup baru. Sambil menunggu uskup baru, penggembalaan (pelayanan) masih jalan,” kata Romanus Mbaraka ketika ditemui Jubi di Kota Jayapura, Selasa, 20 Agustus 2019.

Dia tak menampik bahwa penunjukan uskup Merauke dilakukan sesuai aturan hukum dan tradisi Gereja Katolik Roma. Namun demikian, dia mengharapkan agar kelak ada anak negeri yang menjadi uskup di wilayah yang menjadi basis Gereja Katolik Tanah Papua.

“Kalau boleh, harapan besar (dari umat), ada anak negeri yang menjadi uskup,” kata Mbaraka seraya mengajak umat Merauke berdoa dan meminta bimbingan Roh Kudus.

Loading...
;

Menurut mantan Bupati Merauke ini, ada sejumlah pastor di Merauke yang memenuhi syarat untuk dicalonkan menjadi Uskup Merauke. Oleh karena itu, dia mengajak umat Katolik untuk selalu berdoa memohon Keuskupan Agung Merauke kini dipimpin Administrator Apostolik Mgr. Petrus Canisius Mandagi MSC yang juga menjabat Uskup Keuskupan Amboina.

Monsigneur (Mgr) Mandagi ditunjuk Vatikan menggantikan almarhum Mgr. Yohanes Philipus Gaiyabi Saklil, yang sebelumnya menjabat Administrator Apostolik sede plena KAME, usai ditinggalkan Mgr. Nicolaus Adiseputra MSC yang menjalankan on going formation di Roma.

Selain KAME, tahta apostolik Keuskupan Timika juga mengalami kekosongan (sede vacante) pasca kematian Mgr. John Philip Saklil, 3 Agustus 2019. Vikaris Jenderal Keuskupan Timika, Pastor Marthinus Kuayo, kemudian dipercayakan menjabat Administrator Diosesan Timika.

Pemilihan Pastor Kuayo disepakati dalam rapat konsultores Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr. Ignasius Suharyo, bersama sejumlah pastor dekan dan dewan Keuskupan Timika, 7 Agustus 2019.

Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Papua, Alfonsa Jumkon Wayap, mengajak umat Katolik Papua, terutama di Keuskupan Agung Merauke, selalu berdoa agar anak negeri menjadi uskup di keuskupan yang kini berusia 114 tahun itu.

“Semoga saja, tapi semuanya dikembalikan kepada aturan Gereja dan karya Roh Kudus,” kata Wayap. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top