Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Umat Katolik Obano – Jemaat Kingmi Paniai Barat sampaikan terima kasih kepada mendiang Uskup Saklil

Pastor Fransiskus Utti, Pr (tengah) didampigi Imam lain berpose bersama putra-putri altar dan umat Paroki Obano berbusana adat, Jumat, (18/10/201) – Jubi/Abeth You

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Paniai, Jubi – Ketua Klasis Gereja Kingmi di Tanah Papua di Paniai Barat, Marten Keiya mengatakan, selama ini ia menderita sakit hati yang berkepanjangan karena tidak ada Imam Katolik asal Paniai Barat. Yang ada hanya pendeta melebihi batas.

“Luka hati saya sembuh hari ini, selama ini saya tergores bahwa gereja tetangga (Katolik) juga harus ada Pastor dan hari ini Pastor Frans Utti sembuhkan luka ini,” ujar Marten Keiya.

Keiya mengungkapkan isi hatinya pada misa perdana Pastor Fransiskus Utti, Pri, Imam Katolik yang baru dari Paniai Barat, pada Jumat lalu (18/10/2019).

Menurut dia, gereja Katolik Paroki Obano dengan jumlah umat 1.600 berada di tengah mayoritas jemaat Kingmi, sehingga Pastor Utti mencatat sejarah dialah yang membuka pintu.

Loading...
;

“Tapi kami di Paniai Barat ini hebat, karena setiap kegiatan keagamaan bersatu padu. Apalagi ini Pastor pembuka jalan semangatkan kita agar kita tetap toleransi,” ucapnya.

Tiborius Adii, tokoh cendekiawan Katolik Papua asal Meepago mengatakan, puluhan tahun berlalu semenjak Gereja Katolik membumi di Paniai Barat. Kini, putra asli Paniai Barat ditahbiskan menjadi Imam.

“Tahbisan Imam baru asal Paroki St. Fransiskus Obano, Pastor Fransiskus Uti, Pr, berarti terang cahaya Iman Katolik telah berurat-akar dalam Iman Katolik dalam peziarahan hidup beriman di tengah dunia yang telah dan sedang berubah signifikan, dengan menganut paham pelan, tetapi pasti, sedikit, tetapi bisa mempengaruhi, menghasilkan, membuahkan hasil yang berdampak positif-konstruktif bagi Iman akan keyakinan yang kuat-kokoh menuju sebuah proses pendewasaan dan kematangan akan Iman dan percaya kepada Allah yang satu dan sama,” tuturnya.

Dia menyatakan bersyukur, mendiang Uskup John Philip Saklil, Pr berupaya maksimal hingga menghasilkan satu Imam Projo keterwakilan Paroki Obano.

Dirinya juga menjelaskan dari data dan informasi yang ada menunjukkan bahwa hampir semua  paroki di Dekenat Paniai ada keterwakilan Imam Projo, kecuali Paroki St. Fransiskus Obano.

“Maka konsekuensinya adalah Bapa Uskup Saklil mutlak menghasilkan satu Imam yang berasal dari “Paroki Bungsu” di Keuskupan Timika yakni Paroki St. Fransiskus Obano,” katanya.

Adii menambahkan, hal ini merupakan fakta karena Diakon Fransiskus Uti, Pr, dipersiapkan secara khusus sebagai buah karya Allah melalui Bapa Uskup Gaiyabi. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top