HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Upah minimum Vanuatu kembali dinaikkan

Menteri Dalam Negeri Vanuatu, Andrew Napuat, menandatangani dan mengumumkan naiknya tingkat upah minimum dari VT200 menjadi VT220 per jam Kamis pekan lalu (5/9/2019) di Departemen Ketenagakerjaan. – DVU/Adorina Massing

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Tingkat upah minimum Vanuatu yang baru adalah VT220 per jam. Menteri Dalam Negeri, Andrew Napuat, menandatangani dan mengumumkan kenaikan upah minimum dari VT200 menjadi VT220 per jam, Kamis pekan lalu (5/9/2019), di Departemen Ketenagakerjaan.

Berdasarkan UU ketenagakerjaan yang berlaku di negara itu, Menteri yang terkait harus meninjau tingkat upah minimum setiap dua tahun. Kenaikan upah minimum yang terakhir ditandatangani oleh Napuat pada Desember 2017, dan mulai berlaku pada 1 Januari 2018. Pada saat itu ada kenaikkan sebesar 17% dari upah minimum sebelumnya, yaitu VT170 per jam, menjadi VT200 per jam.

Menteri Napuat berkata dia tahu ada kekhawatiran dari masyarakat umum bahwa pemerintah harus menaikkan tingkat upah minimum. “Departemen Ketenagakerjaan akan melakukan konsultasi dalam beberapa minggu mendatang yang akan berakhir pada Oktober,” tutur Menteri Napuat.

“Selama konsultasi itu kita akan bertemu dengan anggota masyarakat umum, untuk mendengarkan pandangan mereka tentang tingkat upah minimum. Proposal hasil konsultasi dengan mereka akan dipertimbangkan, baru setelah itu pemerintah dapat menetapkan upah minimum yang sesuai untuk standar hidup rakyat. Dengan begitu kita semua bisa sepakat atas tingkat upah minimum yang relevan dan pas untuk semua pihak.”

Loading...
;

Menteri Napuat juga mengucapkan terima kasih kepada Komisaris Perburuhan, Murielle Meltenoven, dan timnya karena telah memenuhi semua persyaratan hingga penandatanganan pembaruan upah minimum pekan lalu dapat berlangsung. (Daily Post Vanuatu/Adorina Massing)


Editor : Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top