Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Usai jembatan Entrop dibuka, pendapatan penjual es kelapa muda masih lesu

 

Ilustrasi kelapa muda. Pixabay.com/Jubi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Semenjak jalan dari Abepura – Entrop dialihkan ke jembatan ringroad akibat perbaikan jembatan di wilayah Entrop, membuat pendapatan pedagang kecil penjual es kelapa muda menurun. Para penjual es kelapa muda, ada yang sempat tutup selama sebulan.

Deretan rumah kecil yang berada di pinggir jalan utama tepatnya di jalan Skyland kini tidak seperti biasanya di hari-hari panas dalam beberapa pekan belakangan ini. Tidak ada motor maupun kendaraan lain yang parkir.

“Hari pertama setelah buka jalan utama, masih sepi. Pengunjung masih gunakan jalan ringroad, jadi sementara belum buka usaha,” kata Mama Bethy 48 tahun penjual kelapa muda di Skyland. Kini sudah sepekan lebih, jembatan Entrop selesai diperbaiki dan bisa dilintasi .

Loading...
;

Pantauan Jubi pada Kamis, 31 Oktober 2019 pada pukul 11 .00 ada segelintir pengunjung mulai datang untuk minum es kelapa muda dan foto-foto pemandangan. Tetapi sampai pukul 14. 24 WP, hanya ada dua pengunjung yang datang. Padahal jembatan di Entrop sudah dibuka dan kendaraan bisa melewati .

“Dalam bulan ini tidak ada pendapatan karena jalan tutup, kami juga sampaikan ke pemilik kelapa di Koya untuk tidak bawa kelapa karena dalam bulan ini tidak ada jualan,“ jelas dia (21/10/2019).

Biasanya, memasuki bulan Desember ada banyak pengunjung datang ke Jayapura untuk belanja kebutuhan jelang Natal. Hal itu turut berdampak baik bagi penjual es kelapa muda seperti dirinya. Ia mengharapkan agar jalan di ringroad tidak dibuka untuk umum, agar masyarakat bisa kembali melewati jalan utama.

Mama Yarangga menambahkan, di hari-hari normal sebelum jalan dialihkan,  dia bisa menjual 25-30 buah kelapa muda dengan harga perbuahnya Rp30 ribu. Tetapi saat jalan ditutup dan dialihkan, paling banyak di hanya bisa menjual 15 buah perhari. Dia berharap pendapatannya akan kembali seperti semula.

Saat ini, baru sebagian dari 24 lapak penjual es kelapa muda di areal itu yang berjualan.

Sebagian penjual es kelapa muda yang buka itu, rata-rata berada di dekat areal Bukit Jokowi. Di sana banyak pengunjung berswafoto dengan latar belakang jembatan dan teluk Youtefa. (*)

Editor : Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top