Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Vanuatu tunjuk hakim MA perempuan Ni-Vanuatu pertama

Hakim Viran Molisa Trief bepose dengan Presiden Vanuatu, Obed Moses Tallis, dalam acara pengangkatannya. – DVU

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Hakim Mahkamah Agung (MA) perempuan Ni-Vanuatu pertama Vanuatu, Viran Molisa Trief, resmi dilantik sebagai hakim perempuan pertama di lingkaran MA negara itu, Senin kemarin (15/7/2019).

Dengan pengambilan sumpah Hakim Trief, jumlah hakim di bangku MA baik menjadi tujuh hakim.

Pengangkatannya diresmikan oleh Presiden Obed Moses Tallis, di depan Ketua MA atau Chief Justice (CJ), Vincent Lunabek, dan hakim-hakim lainnya, termasuk hakim-hakim dari pengadilan khusus banding.

Lunabek berkata bahwa penunjukan Hakim Trief sebagai hakim perempuan untuk rakyat Vanuatu, adalah momen penting dalam sejarah negara itu.

Loading...
;

CJ Lunabek bercerita bahwa dia pertama kali bertemu Hakim Trief pada akhir tahun 90-an, ketika Trief bekerja dengan MA. Kala itu ia masih mahasiswa, sejak itu ia telah berubah dari segi watak dan tabiatnya.

CJ Lunabek menekankan bahwa kelulusan Hakim Trief dari Victoria University di Wellington, Selandia Baru, dengan gelar sarjana hukum adalah indikasi awal bahwa ia memiliki talenta yang hebat dengan kemampuan yang luar biasa.

Sejak saat itu, Hakim Trief telah memiliki karier profesional yang baik sekali, bekerja di kantor State Law Office (SLO) yang bertugas untuk memberi saran legal kepada pemerintah dan mewakili pemerintah di pengadilan, selama lebih dari 15 tahun, dan ia juga pernah diangkat sebagai wakil jaksa agung negara itu. (Daily Post Vanuatu)


Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top