Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Venue PON dari APBD capai 65 Persen

Stadion Papua Bangkit (SPABA) yang merupakan venue utama pembukaan PON XX tahun 2020 mendatang – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Progres pembangunan sejumlah venue pendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di tanah Papua yang menggunakan Dana Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) telah mencapai 65 persen.

Hal ini dikatakan Pelaksana tugas (Plt). Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Alexander Kapisa kepada wartawan, Rabu (6/11/2019) di Jayapura.

“Ditargetkan akan rampung pada Desember 2019. Sebagian kecil saja yang lewat 2020 dibulan Februari hingga Maret karena penyelesaian pengerjaan arsitekturnya yang memang membutuhkan waktu. Venue seperti GOR GIDI STT, Lapangan Menembak Indoor, GOR Futsal di Timika, Softball Baseball di Uncen dan Auri itu akan selesai Desember 2019,” katanya

Selain itu, kata Kapisa, dari jumlah keseluruhan venue, ada sebagian venue yang juga dibangun menggunakan APBN yang direncanakan rampung pada bulan Juni 2020.

Loading...
;

“Tapi saat ini kami masih melakukan koordinasi dengan pemerintah Pusat terkait dengan intruksi Presiden baru tentang percepatan pembangunan venue,” ujarnya.

Rata-rata pembangunan venue yang menggunakan APBN kata Kapisa akan rampung paling lambat Juni 2020. Ini disebabkan  karena ada Rancangan Inpres Baru (R-Inpres Baru) yang memberikan tugas kepada Kementerian PUPR untuk pembangunan venue cabor sepatu roda dan dayung.

“Pasti selesai tepat waktu. Kita optimis dengan progres saat ini sangat baik tidak adanya kendala,” katanya.

Sebelumnya Wakil Ketua I KONI Pusat, Suwarno mengatakan, venue untuk pelaksanaan PON XX 2020 sudah mencapai 65 persen. Diharapkan tahun depan sudah rampung secara keseluruhan.

“Perkembangan venue dari dana APBN seperti Istora PON, Aquatik, lapangan Cricket dan Hockey dari apa yang saya lihat rata-rata progresnya mencapai 45 persen. Jadi diharapkan pada bulan Desember 2019 bisa mencapai 70 persen dan paling lambat bulan Juli 2020 akan bisa selesai semuanya,” katanya kepada wartawan di Jayapura.

Dikatakan, untuk pembangunan dan renovasi beberapa venue yang menggunakan dana APBD provinsi dan kabupaten seperti renovasi GOR Cenderawasih, renovasi dan pembangunan lapangan tenis, renovasi GOR Waringin, dan GOR Towere ditargetkan akan selesai pada Desember 2019.

“Kalau GOR Cenderawasih optimis selesai Desember 2019, untuk pembangunan dan renovasi Tujuh lapangan tenis, dilihat dari volume pengerjaannya kemungkinan akan rampung pada Januari 2020. Itupun kalau molor, tetapi target awalnya tetap rampung pada Desember 2019,” ujarnya.

Sekadar diketahui ada 30 venue yang telah dibangun baru maupun renovasi berada di 4 klaster sebegai penyelenggara PON 2020 Papua yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. (*)

Editor : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top