HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Verifikasi tenaga honorer Kota Jayapura telah rampung

Verifikasi tenaga honorer Kota Jayapura telah rampung

Anggota komisi bidang pemerintahan, politik, hukum dan hak asasi manusia Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Yonas Nusy – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Anggota komisi bidang pemerintahan, politik, hukum dan hak asasi manusia Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Yonas Nusy menyatakan Badan Kepegawaian Kota Jayapura telah merampungkan verifikasi data tenaga honorer di semua instansi pemerintah setempat. Hal itu disampaikan Nusy di Jayapura, Jumat (14/6/2019).

Yonas Nusy menyatakan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Jayapura telah melibatkan para tenaga honorer di setiap instansi di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura dalam proses verifikasi data pegawai honorer itu. Cara itu digunakan untuk memastikan setiap nama yang terdata  BKD memiliki masa kerja di atas lima tahun adalah benar, dan diketahui telah mengabdi di instansi tempatnya bertugas.

“Kan tenaga honorer yang tahu parsis apakah nama yang memenuhi syarat itu orangnya benar-benar mengabdi di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura. Ada 1.000 tenaga honorer kategori dua dan honorer umum di Pemkot Jayapura yang memenuhi syarat. Mereka terdiri dari guru, tenaga kesehatan dan tenaga administrasi,” katanya.

Nusy yang selama ini mendampingi para tenaga honorer di Papua telah bertemu Wali Kota Jayapura dan Kepala BKD Kota Jayapura dan membicarakan tindak lanjut verifikasi itu pada Kamis (13/6/2019). Pertemuan di Kantor Wali Kota Jayapura itu memutuskan hasil verifikasi akan secepatnya dibawa ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Jakarta. Kementerian PANRB akan memproses pengangkatan para pegawai honorer terverifikasi itu sebagai calon apararatur sipil negara (CASN), tanpa melalui tes.

Nusy menyatakan Wali Kota Jayapura Tomi Benhur Mano telah setuju untuk memfasilitasi tim yang akan mengantar data pegawai honorer terverifikasi itu kepada Kementerian PANRB. Tim itu nantinya akan dipimpin Kepala BKD Kota Jayapura, didampingi perwakilan pegawai honorer Pemerintah Kota Jayapura, anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), dan anggota Panitia Khusus Afirmasi Majelis Rakyat Papua (MRP).

Nusy menyatakan pihaknya terus memantau perkembangan verifikasi pegawai honorer oleh Pemerintah Provinsi Papua maupun 28 pemerintah kabupaten di Papua. “Kami coba mulai dari honorer di lingkungan Pemprov Papua, Kota Jayapura dan beberapa kabupaten lain sebagai contoh. Target Juni ini data honorer sudah dibawa ke Jakarta. [Harapannya], pada Oktober mendatang, tenaga honorer itu sudah diangkat sebagai CASN dan mengikuti prajabatan,” ujarnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Jayapura, Robert J. Betaubun mengatakan Pemerintah Kota Jayapura mendukung upaya Komisi I DPRP memperjuangkan aspirasi tenaga honorer menjadi CPNS. Di Kota Jayapura menurutnya, honorer K2 yang ada dalam data base sebanyak 300 orang.

Untuk honorer umum, pihaknya akan melihat mana yang dapat diakomodir seperti harapan DPR Papua dan MRP. “Kami juga akan berusaha segera menyiapkan berkas-berkas para tenaga honorer untuk dibawa ke Jakarta,” kata Robert Betaubun usai pertemuan di ruang rapat Walikota Jayapura, Kota Jayapura, Kamis (13/6/2019). (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)