Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Video kekerasan polisi PNG kembali viral, investigasi dimulai

Video berdurasi 18 menit itu dibagikan melalui Facebook pada Senin malam (4/11/2019), dan tampaknya telah direkam dari seberang jalan di lokasi insiden tersebut.- Radio Australia/ Pacific Beat/News Video

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Polisi di Papua Nugini berkata mereka sedang menginvestigasi sebuah video yang dibagikan secara daring, yang memperlihatkan sekelompok pria diyakini sebagai anggota kepolisian, menendang dan menginjak-injak sekelompok laki-laki lainnya, lalu memukuli mereka berulang kali di kepala dengan senapan mereka.

Video berdurasi 18 menit itu diunggah di Facebook pada Senin malam (4/11/2019), dan kelihatannya telah direkam dari seberang jalan di lokasi insiden tersebut. Video ini menunjukkan tiga pria berbaring di atas permukaan jalan setelah, sepertinya, ditangkap oleh sekelompok pria lainnya yang mengenakan pakaian biru tua, termasuk kemeja biru yang terlihat memiliki tanda pangkat kepolisian di pundaknya.

Mereka kemudian menendang orang-orang itu, memukul mereka dengan senjata mereka, dan menginjak-injak mereka. Seorang petugas kepolisian terlihat menarik baju salah seorang pria sambil memukulinya. Para pria yang terbaring di atas tanah tampaknya tidak melawan.

Dalam sebuah pernyataan, Pejabat Pelaksana Tugas Komisaris Polisi PNG, David Manning, menerangkan kalau insiden itu sudah pasti merupakan kasus penyalahgunaan wewenang yang berlebihan, dan berjanji akan memastikan bahwa mereka yang bersalah bertanggung jawab atas perilaku mereka.

Loading...
;

“Apa pun dugaan tindak kejahatan mereka, polisi tidak punya hak untuk melakukan penganiayaan dan kekerasan kepada ketiga orang itu seperti itu,” tegasnya. “Saya terkejut melihat bagaimana ketiga petugas polisi itu terus menyerang orang-orang itu ketika mereka berbaring tak berdaya di atas tanah. Perilaku ini tidak seharusnya terjadi dari anggota-anggota Royal Papua New Guinea Constabulary.”

Menteri Kepolisian PNG, Bryan Kramer, menjawab kepada ABC bahwa para anggota polisi tersebut telah diidentifikasi dan diberhentikan untuk sementara, namun ia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Kekerasan oleh polisi adalah persoalan yang sudah lama terjadi di Papua Nugini, dan pihak berwenang sebelumnya juga telah berulang kali dikecam karena gagal menginvestigasi insiden seperti ini ketika terjadi. Sebuah video yang serupa, menunjukkan polisi melakukan kekerasan terhadap seorang anak muda yang memohon mereka untuk berhenti, menjadi viral tahun lalu dan juga memicu dimulainya investigasi resmi. (Radio Australia/ Pacific Beat)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top