Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Volume sampah di TPS Dorem Kai Samkai meningkat

Sampah yang menumpuk di TPS Dorem Kai, Kelurahan Samkai – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Volume sampah, baik sampah kering maupun basah, di tempat penampungan sementara (TPS) Dorem Kai, Kelurahan Samkai, Kabupaten Merauke dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan. Itu karena masyarakat datang membuang langsung di tempat ini.

“Memang sampah yang dibuang ke sini dalam beberapa hari terakhir jauh lebih banyak dibandingkan minggu kemarin. Itu karena masyarakat membuang langsung ke sini dengan menggunakan sepeda motor,” kata pengawas TPS Dorem Kai, Agus Riyadi, kepada Jubi, Rabu (15/5/2019).

Oleh karena sampah rumah tangga banyak, menurut dia, terjadi penumpukan seperti begini. “Kalau mau diangkat, minimal delapan truk bolak balik ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Bokem,” ujarnya.

Dikatakan, petugas yang bekerja di TPS Dorem Kai sebanyak 34 orang termasuk sopir.

Loading...
;

“Kami hanya memiliki dua armada pengangkut sampah. Dengan demikian, harus menunggu untuk mengangkut yang masih menumpuk,” katanya.

Selain itu, jelas dia, juga 12 unit motor roda tiga yang mengangkut sampah di rumah-rumah masyarakat, karena mereka termasuk pelanggan, sehingga harus rutin sampahnya diambil.

Ditanya berapa lama sampah ini akan diangkut, Agus mengaku kurang lebih 2-3 hari.

“Kalau tenaga kerja sudah siap di tempat. Hanya menunggu kendaraan beroperasi mengangkut dan membawa untuk dibuang ke TPA,” ungkapnya.

Seorang warga, Marlina (35), yang ditemui di sekitar TPS mengaku  biasanya seminggu sekali ia membawa sampah dari rumah dan membuang langsung ke TPS Dorem Kai. Ssampah basah maupun kering.

“Dari pada petugas mengambil ke rumah, lebih baik saya antar sendiri ke sini. Karena telah disiapkan juga tong untuk membuang sampah,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top