HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Wabup Jayapura: Jangan asal bangun bronjong di tepi sungai

Wabup Jayapura: Jangan asal bangun bronjong di tepi sungai

Bronjong di sungai Abeale – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Wakil Bupati (Wabub) Jayapura, Giri Wijayantoro, mengkritisi pembuatan kawat bronjong yang dipasang di sepanjang sungai Abeale yang posisinya dekat dengan kediaman wakil bupati.

Pasalnya, bronjong yang dibuat dengan tujuan untuk menormalisasi sungai tersebut yang melebar akibat banjir bandang Maret lalu.

“Kerja barang itu jangan sembarang-sembarang, harus pelajari semua kontur tanah, arah air yang mengalir, serta dampak yang terjadi dengan bahan yang digunakan,” ujar Wabub Giri, saat ditemui di kantornya, Rabu (19/6/2019).

Dikatakan, kondisi bronjong yang digunakan sebagai alih-alih penahan laju air di sungai Abeale sudah dalam kondisi tergantung dan tidak pada posisi dasar akibat terkikis air.

“Kita mestinya belajar dari pengalaman, karena normalisasi seperti ini sudah sering dibuat, dan tidak bertahan lama. Derasnya air membawa semua material yang digunakan. Kalau kondisi seperti ini tetap tidak memberikan rasa aman bagi masyarakat yang ada dis ekitar sungai tersebut,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Wabub Giri berharap agar pihak yang telah membangun bronjong di sungai Abeale dapat memperhatikan kembali hasil pekerjaan yang sudah dilakukan.

“Kelihatannya seperti tergesa-gesa pekerjaan ini, tanpa memperhatikan dampak yang akan terjadi di kemudian hari,” katanya.

Sementara itu, Aleks, seorang warga masyarakat yang tinggal 100 meter dari tepi sungai Abeale mengaku bronjong yang dipasang pada tepian sungai ini sama sekali tidak memiliki kekuatan untuk menahan lajunya air dari ketinggian.

“Sudah banyak kali bronjong dipasang, tetapi habis juga dibawa air. Kalau mau pasang bronjong harus yang kuat, dasarnya digali sedalam mungkin sebagai dasar bronjong itu sendiri, lalu pasangan bronjong lain ditumpukkan di atas dasar itu, ini kalau taruh saja di atas jalannya air pasti hilang juga bronjong itu,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)