Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Wabup Merauke: Guru di pedalaman rata-rata belum miliki kualifikasi S-1

Wabup Merauke, Sularso – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Wakil Bupati Merauke, Sularso, mengungkapkan rata-rata guru yang bertugas di daerah pedalaman belum memiliki kualifikasi S1. Sementara tuntutan pendidikan nomor 14 Tahun 2005, semuanya dituntut harus berijazah S1.

Oleh karena tuntutan demikian, katanya, sehingga para guru harus melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Musamus (Unmus).

Sehubungan dengan kekurangan tenaga guru di Kabupaten Merauke, katanya, ideal yang dibutuhkan adalah 4.000 lebih orang. Sedangkan yang ada sekarang baru mencapai 2.452 tenaga guru.

Dari jumlah tersebut, lanjut wabup, 916 guru belum memenuhi kualifikasi S1. Dengan demikian, masih dibutuhkan sekitar 1.564 tenaga guru lagi.

Loading...
;

“Tentunya secara bertahap dilakukan penambahan tenaga guru dan tidak sekaligus. Kita akui kalau dampak dari kekurangan tenaga guru, kegiatan belajar mengajar belum berjalan maksimal,” kata Sularso kepada sejumlah wartawan, Sabtu (5/10/2019).

Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke yang membidangi masalah pendidikan, Moses Kaibu, menegaskan berulang kali dirinya bersuara tentang kegiatan belajar mengajar di kampung lokal yang tidak berjalan sama sekali.

Para guru, menurutnya, lebih banyak menghabiskan waktu di kota. Sementara anak didik  yang nota bene adalah orang asli Papua ditelantarkan begitu saja. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top