Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Wabup Nduga mundur karena kecewa dengan Jokowi

Wabup Nduga, Wentius Nimiangge (kanan) – Jubi/Youtube.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Bupati atau Wabup Nduga, Papua, Wentius Nimiangge menyatakan rencana dirinya mundur dari jabatannya, sebagai bentuk protes terhadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Pernyataan itu dikatakan Wentius Nimiangge saat dihubungi Jubi melalui telepon selulernya, Jumat (27/12/2019).

Menurutnya, hingga kini ia belum menyampaikan pengunduran diri secara resmi kepada para pihak terkait, termasuk Menteri Dalam Negeri. Akan tetapi jika dibutuhkan Nimiangge bersedia melengkapi berkas-berkas yang perlukan untuk pengunduran dirinya.

“Saya menuntut sama presiden karena presiden yang perintah untuk (penambahan) pasukan non organik yang di Papua (Nduga). Maka presiden harus melihat rakyat,” kata Wentius Nimiangge.

Menurutnya, Presiden mestinya mempertimbangkan saran dari berbagai pihak di daerah, demi kenyamanan masyarakat Nduga, karena Nduga masih merupakan wilayah Negara Indonesia.

“Kalau Nduga ini bukan dia punya rakyat, berarti daripada kami yang pusing menghadapi bunuh sini bunuh sana, daripada karena jabatan saya yang sakit hati mengumpulkan dosa banyak, lebih baik mundur. Usaha dengan tangan sendiri,” ujarnya.

Loading...
;

Sebagai putra asli Nduga, Wentius mengaku sedih melihat kondisi warganya yang sejak setahun terakhir tak bisa hidup tenang.

Warga Nduga yang khawatir menjadi korban salah sasaran akibat konflik antara kelompok bersenjata di wilayah tersebut dengan aparat keamanan, hingga kini memilih mengungsi ke berbagai kabupaten terdekat.

“Hingga kini masih banyak masyarakat Nduga tercerai berai di luar. Mengungsi ke berbagai kabupaten terdekat. Sudah dua kali Natal masyarakat Nduga tidak merayakan Natal. Natal gelap di Nduga,” ucapnya.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian menyatakan belum menerima surat pengunduran diri Wabup Nduga.

“Sampai saat ini suratnya belum ada. Kita tunggu suratnya dan kita lihat alasannya sudah tepat atau belum, baru nanti diproses,” kata Tito. (*)

Editor: Edho Sinaga

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top