Wagub Papua minta Bupati Nduga laporkan kondisi masyarakat

Wagub Papua minta Bupati Nduga laporkan kondisi masyarakat

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal meminta Bupati Nduga Yarius Gwijangge melaporkan secara intensif kondisi masyarakat setempat, yang mengungsi ke Jayawijaya.

“Sampai saat ini kami belum bertemu ataupun berkomunikasi dengan bupati, komunikasi tidak hanya melalui telepon tetapi koordinasi untuk mencari solusi, karena hari ini masyarakat Nduga butuh solusi bukan telepon,” kata Tinal, di Jayapura, Kamis (14/3/2019).

Ia tekankan, harus ada pemulihan secara psikologis, kesehatan dan pasokan makanan kepada masyarakat yang mengungsi. Intinya, sebagai kepala daerah harus sigap dan segera mengambil langkah serta memberikan penjelasan kepada masyarakat agar tidak takut terhadap situasi yang terjadi.

“Kita harus segera mengambil langkah-langkah, kalau bupati merasa tidak bisa menangani sendiri harus segera melakukan koordinasi dengan gubernur supaya kita tahu situasinya seperti apa,” ujarnya.

“Wajar jika masyarakat takut dan memilih untuk mengungsi, jangan selalu masyarakat yang disalahkan. Jika tak sanggup menangani silahkan koordinasi dengan provinsi. Jika kami tidak sanggup bisa ke Presiden Jokowi minta bantuan,” sambungnya.

Wagub Klemen Tinal menambahkan, negara memiliki perangkat yang selalu siap memberikan bantuan, bukan hanya TNI/Polri, tetapi ada Palang Merah Indonesia, rumah sakit dan organisasi lainnya yang bisa dilibatkan.

“TNI/Polri bertugas kan melakukan pengamanan, tugas kita pemerintah adalah memulihkan, membangun, mengayomi dan mendampingi masyarakat. Intinya masyarakat Nduga tidak boleh tercecer kemana-mana,” sambungnya.

Sebelumnya, pemerintah Provinsi Papua mulai menerjunkan tim kemanusiaan untuk membantu masyarakat di sejumlah distrik di Nduga, pasca terjadi konflik pada awal Desember 2018 lalu.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Papua, Ribka Haluk mengatakan tim yang diturunkan merupakan gabungan sipil, TNI dan Polri. Pemerintah Provinsi Papua mengerahkan tim dari dinas sosial dan kesehatan.

“Kita satu misi, ialah untuk kemanusiaan ke Mbua. Kita lakukan pengobatan massal dan menyerahkan bantuan gubernur secara simbolis berupa bahan makanan dan obat-obatan untuk masyarakat di Kabupaten Nduga pasca konflik,” kata Haluk. (*)

Editor: Syam Terrajana

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)