Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Wagub Papua optimis 55 anggota DPR Papua mampu akomodir suara rakyat

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal mengaku otimistis dan percaya 55 anggota Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR Papua yang dilantik dan diambil sumpah janji pada Kamis (31/10/2019) akan mampu mengakomodir suara rakyat Papua. Hal itu disampaikannya usai menghadiri pelatikan 55 anggota DPR Papua yang berlangsung di Jayapura, Papua, Kamis.

“Kami sangat senang semua berjalan dengan baik. [Saya] optimis dan percaya jika mereka berkualitas, benar-benar mewakili rakyat dari daerah pemilihan masing-masing,” kata Klemen Tinal kepada wartawan.

Tinal berharap selama lima tahun ke depan para anggota DPR Papua dapat bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Papua untuk mewujudkan masyarakat Papua yang mandiri dan berkeadilan. “Saya yakin ini bisa terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Terkait proses pemilihan 14 anggota DPR Papua melalui mekanisme pengangkatan untuk mewakili lima wilayah adat di Papua, Tinal menyatakan yakin dalam waktu dekat 14 wakil wilayah adat itu terpilih dan bisa segera dilantik menjadi anggota DPR Papua. “Kami harap anggota 14 kursi jalur Otsus nantinya bisa bekerja bersama-sama wakil rakyat dari jalur politik [hasil Pemilihan Umum 2019] yang sudah lebih dulu dilantik,” katanya.

Loading...
;

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen mengatakan 55 anggota DPR Papua merupakan mitra eksekutif. Ia berharap para anggota DPR Papua mampu membawa dan mengakomodir aspirasi rakyat dalam satu kesatuan yang utuh.

Terkait proses pemilihan 14 anggota DPR Papua melalui mekanisme pengangkatan, Dosinaen menjelaskan Pemerintah Provinsi Papua telah memasukkan dan meregistrasi Perdasus Kursi Pengangkatan ke Kementerian Dalam Negeri. Setelah itu, barulah Perdasus Kursi Pengangkatan akan berlaku dan akan menjadi dasar hukum untuk memilih 14 wakil wilayah adat sebagai anggota DPR Papua.

Sekedar untuk diketahui, dari 55 anggota DPR Papua yang hari ini baru dilantik, 29 orang merupakan wajah lama dan 26 wajah baru. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top