Wakil AS tolak seruan dialog Venezuela

Wakil AS tolak seruan dialog Venezuela

Bendera Venezuela, pixabay.com 

Serangkaian tuduhan terhadap Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan mengatakan presiden yang sah negeri itu adalah pemimpin oposisi Guaido.

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jenewa, Jubi – Wakil tetap Amerika Serikat (AS)  untuk Konferensi Perlucutan Senjata di Jenewa, Swiss, menampik seruan menteri luar negeri Venezuela yang siap membuka dialog.  Wood mengeluarkan serangkaian tuduhan terhadap Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan mengatakan presiden yang sah negeri itu adalah pemimpin oposisi Guaido.

Berita terkait : Kanada minta negara lain perluas sanksi Venezuela

“Presiden (AS Donald) Trump mempersiapkan diri untuk bertemu dengan presiden Venezuela yang sah, yaitu (Juan) Guaido,” kata Robert Wood, saat berbicara dalam satu taklimat, Rabu (27/2/2019).

Ia berkilah bahwa Maduro akan dimintai pertanggung-jawaban jika sesuatu terjadi pada Guaido, bahkan Washington memandang Pemerintah Maduro sebagai tak bisa diterima dan AS takkan mengakuinya.

Berita terkait : Kanada minta negara lain perluas sanksi Venezuela

Menteri Luar Negeri Venezuela, Jorge Arreaza, menawarkan dialog yang merujuk kepada presiden AS dan Venezuela. “Mengapa mereka tak bisa bertemu sehingga mereka bisa berusaha menemukan dasar yang sama dan menghilangkan perbedaan,” kata Jorge.

Guaido mengumumkan dirinya sebagai Penjabat Presiden pada 23 Januari sampai pemilihan umum baru diselenggarakan, dan diakui oleh Amerika Serikat, Australia, Kanada, Kolombia, Peru, Ekuador, Paraguay, Brazil, Chile, Panama, Argentina, dan Kosta Rika.

Baca juga : PBB : Bantuan kemanusiaan di Venezuela tidak dipolitisasi

Namun Turki, Rusia, Iran, Kuba, China dan Bolivia kembali menyampaikan dukungan buat Maduro, yang berikrar akan memutuskan semua hubungan diplomatik dan politik dengan AS.  (*)

Editor : Edi Faisol

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)