Walau ada TPS telat memulai pencoblosan, Pemilu 2019 di Papua Barat berjalan aman dan lancar

Walau ada TPS telat memulai pencoblosan, Pemilu 2019 di Papua Barat berjalan aman dan lancar

Proses pemungutan suara di TPS 21 Kelurahan Sanggeg di Manokwari. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Ketua KPU Papua Barat, Amus Atkana mengatakan pelaksanaan pencoblosan surat suara di 12 kabupaten dan satu kota di Papua Barat berlangsung lancar dan aman tanpa hambatan.

“Informasi yang saya terima dari KPU kabupaten/kota bahwa pelaksanaan pencoblosan di semua TPS aman hingga pukul 13.00 WP oleh pemilih yang terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) maupun pemilih tambahan yang dilayani melalui peggunaan KTP maupun surat keterangan (suket),” ujarnya kepada  Jubi, Rabu (17/4/2019) di Manokwari.

Dikatakan Atkana, ada TPS  yang baru melakukan pencoblosan pada pukul  09.00 WP pagi tadi  karena faktor cuaca yang kurang mendukung, sehingga waktunya sedikit bergeser, namun hal itu tidak jadi persoalan selama pemilih masih mengantre dan surat  suara masih tersedia.

Dia juga menambahkan, untuk pelayanan pendaftaran di TPS bagi pemilih khusus (pengguna KTP dan Suket), dibatasi sampai pukul 13.00 WP. Sehingga warga perlu mengetahuinya, bahwa bukan TPS yang tutup, namun pelayanan pendaftaran administrasi bagi pemilih khusus yang dihentikan.

“Jadi proses  pencoblosan tetap berjalan sepanjang surat suara tersedia. Hanya saja pelayanan administrasi bagi pemilih khusus yang ditutup pada pukul 13.00 WP,” ujarnya.

Atkana berharap, proses penghitungan suara sore ini  juga dapat berjalan dengan aman dan lancar. Jika sudah  selesai maka hasil dan surat suara akan diantar ke Distrik, selanjutnya ke KPU Kabupaten.

“Saya perlu tegaskan kembali bahwa proses rekapitulasi hanya akan dilakukan di tingkat Distrik dan KPU Kabupaten, KPU Provinsi dan terakhir di KPU Pusat,” ujarnya.

Sebelumnya Gubernur  Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan sejak pagi hingga siang ini aktivitas warga (pemilih) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjalan aman dan lancar, meski ada TPS yang memulai pencoblosan pukul 09.00 WP, namun petugas di TPS bisa menyesuaikan sehingga prosesnya dapat berjalan sesuai  harapan.

“Saya  lihat antusias warga sangat baik, di sejumlah TPS  yang kami kunjungi. Saya sendiri pagi tadi pukul 07.30 WP sudah melakukan pencoblosan di TPS 003 Kampung Bakaro Distrik Manokwari Timur,” ujar Mandacan.(*)

Editor : Edho Sinaga

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)