Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Wali Kota Jayapura minta perbatasan diperketat untuk tangkal narkoba dari Papua Nugini

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano dalam Sosialisasi Aturan Perundang-undangan tentang Lintas Batas, Kepabeanan, Narkotika, dan Bela Negara di Jayapura Selasa (29/10/2019). – IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano meminta para pemangku kepentingan untuk memperketat pemeriksaan para pelintas batas di Skouw, daerah perbatasan Indonesia dan Papua Nugini. Pengetatan itu dianggap penting untuk menangkal peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang di Kota Jayapura, Papua.

Mano menyatakan saat ini telah banyak orang Papua Nugini yang memasuki wilayah Indonesia tanpa membawa KTP atau paspor, dan bebas keluar-masuk Kota Papua. “Mereka masuk tinggal di Kampung Vietnam Waena, Dok 5, Dok 9, Abepura, Kamkey, bahkan sampai berkeluarga di kota Jayapura,” kata Mano di sela Sosialisasi Aturan Perundang-undangan tentang Lintas Batas, Kepabeanan, Narkotika, dan Bela Negara di Jayapura Selasa (29/10/2019).

Ia meminta para pemangku kepentingan terkait memperketat pemeriksaan para pelintas batas di Skouw. “Sebab [ada di antara] mereka masuk ke kota Jayapura [dengan] membawa obat-obat terlarang, ganja, narkotika. Kita harus memperkuat keamanan di wilayah perbatasan untuk mencegah masuknya obat-obat terlarang tersebut. Kita harus menjaga keamanan ketertiban dari berbagai ancaman,” kata Mano.

Mano berharap kepada generasi muda Papua agar tidak terpengaruh dengan peredaran ganja dan  narkoba yang merusak masa depan. “Barang barang itu akan membahayakan kami ke depannya. Kalau generasi muda ini terpengaruh, maka hancurlah generasi muda Papua dan Indonesia. Kita tiada harapan lagi untuk masa depan negara ini,” katanya.

Kepala  Perbatasan Antar Negara Kota Jayapura, Matias Pawar mengatakan pihanya terus menyosialisasikan aturan aturan lintas batas maupun bahaya peredaran narkotika. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di kawasan perbatasan, dan mencegah penyelundupan narkotika di Skouw.

“Yang lebih penting ialah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sekaligus juga saling tukar informasi lintas batas. Sehingga generasi muda ini tidak terkontaminasi dengan hal-hal yang kemudian nanti membuat mereka putus harapan,” katanya.

Loading...
;

Pawar mengatakan, siswa-siswi SMA se kota Jayapura dan masyarakat kota Jayapura juga diundang untuk memahami berbagai informasi terkait daerah perbatasan dan pelintas batas. “Itu harapan orangtua, dan juga harapan kami sebagai pemerintah, agar generasi Papua bisa bertumbuh tanpa terjerumus dengan hal-hal semacam itu,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top