Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Warga berharap jalan alternatif di kantor wali kota segera diaspal

 

Jalan alternatif di samping kantor wali kota yang hanya ditimbun batu karang sudah mulai miring. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Jalan alternatif di samping kantor Wali Kota Jayapura yang terdampak longsor akibat hujan deras pada Minggu (6/1/19), sudah dilalui oleh pengendara.

Hanya saja, pengerjaanya masih darurat seperti pemasangan tiang pancang ukuran 15X15 meter sebanyak 42 balok dengan kedalaman 2 meter, dan bronjong setinggi 7 meter yang menggunakan batu kali serta ditimbun menggunakan batu karang, sehingga apabila terkikis hujan lama-lama tepiannya mulai miring.

Salah satu warga bernama Tobias mengatakan jalan alternatif itu sangat penting, untuk memperpendek jarak tempuh dari rumah ke tempat kerjanya.

Loading...
;

“Saya tinggal di Kotaraja dan kerja di Jayapura. Jalan alternatif ini bebas macet makanya cepat sampai. Saya berharap pemerintah segera memperbaikinya supaya tidak longsor lagi,” tuturnya.

Warga lainnya, Marlina Marani mengatakan sejak jalan itu longsor Januari lalu, pemerintah Kota Jayapura langsung memperbaikinya sehingga dapat membantu warga untuk melintas.

Hanya saja, seiring berjalannya waktu, Marani melihat sisi kiri jalan mulai miring dan bolong. Sehingga khawatir bila tak diperbaiki dengan cepat pasti akan longsor.

“Saya harapkan cepat selesai pengerjaanya karena jalan ini sangat penting. Warga biasanya lewat di jalan alternatif ini, apalagi yang biasa kerja di Kantor Wali Kota Jayapura,” katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Bernard J. Lamia mengaku, pengerjaan darurat jalan alternatif senilai Rp 1,2 miliar tersebut, pasti turun ke bawah karena merupakan tanah timbunan.

“Program ke depan kami aspal dengan penguatan jalan cor. Dari APBD kami sangat terbatas sehingga tidak bisa merehabilitasi jalan itu. Tahun ini APBD kami hanya Rp 8 miliar. Kami sudah usulkan ke pusat tapi belum ada jawaban. Semoga tahun depan sudah bisa dikerjakan. Kalau dana kami cukup pasti kami sudah kerjakan permanen,” jelasnya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top