Warga Kali Susu Nabire swadaya perbaiki jalan rusak

Warga Kali Susu Nabire swadaya perbaiki jalan rusak

Warga sedang mengecor jalan berlubang di Jalan Manado Kampung Kali Susu Nabire – Jubi/Titus Ruban

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Jalan berlubang dan bebatuan di pertigaan Jalan Manado, RT 05, Kampung Kali Susu Nabire, dicor dengan semen oleh warga setempat secara gotong royong. Kondisi rusaknya jalan ini diklaim sudah lebih dari tiga tahun dan tidak diperhatikan oleh pemerintah.

Ketua RT 05 Kampung Kali Susu, Kiki Cahyadi, mengatakan kondisi jalan yang rusak tersebut sudah dilaporkan kepada instansi teknis, namun tidak ada tanggapan hingga saat ini. Kondisi usaknya jalan akibat pekerjaan satu kontraktor yang mengerjakan pipa beberapa tahun silam.

“Ini pas tikungan dari jalan besar. Banyak lubang dan bebatuan. Sudah tiga tahun dibiarkan. Rusak ini karena ada kontraktor yang gali pipa tapi tidak memperbaiki lagi,” ujarnya, saat bersama warga memperbaiki jalan berlubang, Rabu (13/3/19).

Menurutnya, inisiatif memperbaiki jalan rusak ini karena prihatin. Jalan tersebut cukup ramai dilalui warga. Banyak anak sekolah hampir setiap pagi ada yang terjatuh pas melintasi tikungan.

“Saya prihatin, anak sekolah banyak yang lewat tapi jalan rusak,” tuturnya.

Kiki mendapatkan dukungan dari warga. Iapun membeli 20 sak semen dan tiga rit pasir. Dia mengajak warganya melakukan kerja bakti, menambal jalan rusak dengan semen. Mereka mengerjakan bersama sejak Senin (11/3/2019).

“Pas saya ada uang, langsung beli semen dan pasir. Ajak masyarakat di RT sini dan kami kerja bersama. Sebelum ini saya lapor ke pihak Kepolisian Lalu Lintas untuk sementara menutup ruas jalan ini,” terangnya.

Dia menambahkan bukan hanya jalan rusak yang diperbaiki warga. Sebelumnya, gorong-gorong  yang menghubungkan antara Jalan Manado dan Jalan Kusuma Bangsa pun diperbaiki warga dengan cara swadaya.

“Kami di sini sudah biasa kerja swadaya. Contohnya gorong-gorong itu juga demikian. Daripada tunggu dorang (pemerintah-Red) lama, kalau bisa buat sendiri kita kerjakan,” tandasnya.

Seorang warga, Suryadi, yang kebetulan melintas ruas jalan itu dan dimintai tanggapannya, mengapresiasi kerja swadaya yang dilakukan masyarakat setempat.

“Saya apresiasi, kebetulan sering lewat sini. Kalau apa yang sekiranya masyarakat bisa lakukan, ya lakukan saja. Sampah saja masih menumpuk belum diurus, apalagi yang begini. Ini contoh saja,” katanyanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)