Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Warga tolak Pemungutan Suara Ulang

Upaya negosiasi Bawaslu Manokwari dengan warga dan kepala Kampung Misapmesi atas penolakan PSU di TPS 01 Kampung Misapmeisi Distrik Manokwari Selatan Kabupaten Manokwari. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Warga Kampung Misapmeisi, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, Papua Barat menolak Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 01 yang dilakukan oleh KPU atas rekomendasi Bawaslu, Sabtu (27/4/2019).

Kepala Kampung Misapmeisi, Markus Saroy enggan memberikan keterangan terkait dengan penolakan warganya terhadap pelaksanaan PSU. Dia memilih diam sambil menunggu kedatangan Bawaslu Manokwari yang mengeluarkan rekomendasi PSU. Ia mengaku tak mengetahui apa alasan dilakukan PSU di kampungnya.

Sementara Sekretaris KPU kabupaten Manokwari, Rustam Efendi belum bisa memastikan apakah PSU bisa dilanjutkan atau tidak. Ia menunggu kelanjutan proses negosiasi yang sedang dilakukan oleh komisioner KPU dan Bawaslu di Kampung Misapmeisi.

“Sampai saat ini kami belum terima informasi resmi terkait alasan penolakan PSU di TPS 01 Kampung Misampmesi, tapi masih dilakukan negosiasi,” ujarnya.

Dia mengatakan, berdasarkan informasi dari komisioner KPU Manokwari yang bertugas dilokasi PSU Kampung Misapmeisi, warga setempat mendesak kehadiran ketua Bawaslu kabupaten Manokwari untuk hadir.

Selain menjelaskan alasan dilakukannya PSU, warga juga meminta Bawaslu segera mencabut rekomendasi PSU di Kampung Misapmeisi.

Loading...
;

“Mereka (warga) tuntut ketua Bawaslu harus datang untuk menjelaskan alasan pelaksanaan PSU. Mereka juga minta ketua Bawaslu harus datang dan cabut rekomendasi PSU,” tuturnya.

Informasi yang diterima, warga Kampung Misapmesi menolak untuk dilakukannya PSU, karena mereka tidak menerima infromasi lebih awal dari penyelenggara Pemilu tentang adanya PSU di wilayah mereka.

Sementara sebagian warga (pemilih) yang ada didalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak berada di tempat. KPU mencatat jumlah DPT di Kampung Misapmeisi sebanyak 106 pemilih.

Dari data yang dihimpun, sejak pagi pukul 08.00 – 14.30 WP, tidak ada aktivitas yang menunjukkan adanya PSU. Bangunan TPS yang sebelumnya dipakai pada Pemilu 17 Apri 2019, juga sudah dibongkar oleh warga setempat.

Namun hingga siang tadi, Bawaslu kabupaten Manokwari bersama aparat keamanan Polres setempat masih melakukan upaya negosiasi dengan warga di Kampung Misapmesi meski waktu pelaksanaan PSU sesuai aturan, sudah melewati pukul 13.00 WP. (*).

Editor      : Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top