HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Waspadai cacar monyet, petugas kesehatan periksa awak kapal

Ilustrasi layanan medis, pixabay.com

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Palembang, Jubi – Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang, Sumatera Selatan pemeriksa kesehatan para awak kapal terutama dari Singapura. Langkah itu dilakukan saat kapal melabuh dan bongkar muat di Pelabuhaan Boom Baru.

“Pemeriksaan kesehatan awak kapal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus penyakit cacar monyet atau ‘monkeypox’ melalui awak kapal,” kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Palembang, Marjunet, Jumat, (17/5/2019).

Selain memeriksa kesehatan awak kapal, lembaganya juga berupaya mengawasi secara ketat lalu lintas orang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. “Petugas melakukan pengawasan ketat setiap penumpang pesawat yang datang dari luar negeri terutama dari Singapura yang banyak ditemukan kasus penyakit cacar monyet,” kata Marjunet menjelaskan.

Tercatat saatini pengawasan juga dilakukan bagi penumpang pesawat dengan cara memasang alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner)  di pintu kedatangan internasional Bandara SMB II. Kedatangan penumpang pesawat udara dari Singapura setiap hari sekitar 100 orang, mereka yang masuk ke kota ini perlu dipastikan tidak membawa virus penyakit cacar monyet.

Loading...
;

“Kami menyiagakan sejumlah petugas kesehatan pelabuhan dan dua alat thermal scanner setiap ada jadwal kedatangan penumpang pesawat dari Singapura,” katanya.

Hasil pengawasan tersebut ditemukan penumpang pesawat dan awak kapal terindikasi menderita penyakit cacar monyet, pihaknya akan melakukan tindakan isolasi agar tidak terjadi penyebaran wabah penyakit tersebut. (*)

Editor : Edi Faisol

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top