Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Wisata bahari harus didukung usaha kuliner dan kerajinan

Bupati Mathius Awoitauw mengunjungi pameran kerajinan tangan di Pantai Amai, Kampung Tablasupa, Depapre – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kabupaten Jayapura memiliki segudang potensi wisata bahari. Potensi itu berupa panorama pantai, pemandangan alam bawah laut hingga peninggal bersejarah Perang Dunia II.

Bupati Mathius Awoitauw mengajak masyarakat memanfaatkan potensi wisata bahari di pesisir utara Kabupaten Jayapura tersebut. Salah satunya dengan mengembangkan usaha kerajinan tangan, dan kuliner.

“Ada Pantai Amai, Harlem, Tablanusu, Krimpong dan Pantai Pasir putih yang menjadi tempat wisata saat ini. Kondisinya masih alami, tetapi harus ada (usaha) kuliner dan kerajinan tangan sebagai oleh-oleh khas untuk mendukung wisata pesisir pantai,” kata Bupati Awoituaw, Minggu (1/12/2019).

Dia mengatakan Pemerintah Kabupaten Jayapura tetap berkomitmen mendukung setiap kegiatan ekonomi masyarakat di kawasan wisata. “Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Perindustrian dan Perdagangan, Pertanian, Usaha Kecil Menengah dan Koperasi, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan adalah instansi teknis yang langsung berhubungan dengan hal semacam ini (pemberdayaan ekonomi masyarakat).”

Loading...
;

Usaha kerajinan rakyat di kawasan wisata pantai, di antaranya ialah pembuatan perhiasan dari kerang laut. Salah satunya ada di Kampung Tablsupa, Distrik Depapre.

“Kami membuat kalung, manik-manik, gelang, topi, miniatur perahu, tas, dan kerajinan tangan lainnya. Bahan pembuatannya dari berbagai jenis kerang laut yang sudah mati. Ada juga dari kulit kayu, pasir laut, dan puing terumbu karang yang hanyut di pantai,” kata Ketua Kelompok Kerajinan Tangan Sion Permai, Mathilda Nerokepouu. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top