Days
Hours
Minutes
Seconds

MENUJU PON PAPUA 2020

/
Yang perlu kamu tahu tentang Sungai Mamberamo di Papua

Yang perlu kamu tahu tentang Sungai Mamberamo di Papua

Aliran Sungai Mamberamo panjangnya sekitar 670 Km. Sungai Mamberamo adalah sungai terpanjang ke-7 di Indonesia - IST
Aliran Sungai Mamberamo panjangnya sekitar 670 Km. Sungai Mamberamo adalah sungai terpanjang ke-7 di Indonesia
large
Puluhan kilometer sepanjang muara, aliran sungai melebar hingga 520-an meter. Tak salah, kalau sungai ini disebut-sebut sebagai sungai terlebar di Indonesia
mamberamo-tour230
Besarnya air yang mengalir di sungai ini, menurut penelitian mencapai 5.500 m kubik per-detik. Bagi petugas pemerintah, misionaris, turis petualang, dan peneliti, Sungai Mamberamo merupakan satu-satunya jalan masuk ke jantung pedalaman Papua. Dengan menyewa perahu panjang dari kayu, mereka bisa menyusuri sungai dan bertemu dengan masyarakat terpencil yang sudah mendirikan kampung dan bercocok tanam.
Papua1-10-Zoellner
Lebih dari 35 lokasi di sepanjang sungai Mamberamo cocok untuk lokasi pembangkit listrik.
maxresdefault-2
Di sepanjang bantaran Sungai Mamberamo, pernah dijumpai 8 kelompok suku terasing
Ilustrasi sungai membramo , Dok?Jubi
Sumber air sungai ini berasal dari pertemuan 3 anak sungai utama, yaitu Tariku, Van Daalen dan Taritatu. Bagi para peneliti, daerah Mamberamo adalah surga bagi ilmu pengetahuan. Hutan di Mamberamo masih alami. Banyak satwa endemik masih bisa ditemukan. Seperti, walabi kecil, tikus pohon kecil, buaya muara, dan ratusan jenis burung indah, seperti cendrawasih.
2227502620X310
Di Koridor Konservasi Mamberamo dalam DAS Mamberamo pada tahun 2008 ditemukan tiga spesies baru, katak hidung mancung, kanguru hutan (Kuskus) yang merupakan terkecil dari keluarga kangguru dan merpati raja dengan bulu berwarna-warni.
1039348620X310
Tercatat 17 serangga air yang belum pernah tercatat di dunia ditemukan disepanjang DAS Mamberamo. Sedangkan beberapa spesies lainnya dianggap spesies baru,yakni burung berbulu mirip ranting pemakan madu, 20 spesies katak, 4 spesies kupu delia, dan 45 spesies palem.
papua-mamberamo1
Dalam lahan seluas 1 hektare di Koridor Konservasi Mamberamo, terdapat 250 spesies pohon yang tingkat keanekaragaman hayatinya tergolong tinggi.
Inilah Jenis-Jenis Kangguru Tanah dan Pohon Khas Papua2
Berdasarkan laporan CI tahun 2008, ada lebih dari 30 spesies baru ditemukan di Koridor Konservasi Mamberamo dalam DAS Mamberamo. Spesies baru itu, yakni tikus berukuran raksasa atau lima kali ukuran tikus kota, kanguru pohon berbulu emas, echidna berparuh panjang, burung pemakan madu, kanguru pohon berbulu putih,burung elang kecapi, burung punjung paruh emas,burung nuri daun,kura-kura raksasa berkulit halus, spesies katak, kupu-kupu delia, tanaman raksasa dan palem.
Loading...
;
Scroll to Top