Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Zakarias Hanuebi terpilih sebagai Kepala Kampung Nafri 2018-2024

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Jayapura, Jubi – Pemilihan Kepala Kampung Nafri, Kota Jayapura berakhir dengan baik dan aman. Para kandidat calon kepala kampung saling berangkulan dan berjabat tangan usai mendengar hasil akhir pemilihan tersebut.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Kampung, Andris Tjoe mengaku sangat bersyukur, akhirnya pelaksanaan pemilihan ini berjalan dengan baik dan melibatkan hamper 90 persen warga kampung tersebut.

“Perhitungan panitia, kami akan diserang, dicaci-maki, tapi karena pertolongan Tuhan dan pihak keamanan, semua ini dapat berlangsung dengan baik,” katanya di Kampung Nafri, Sabtu (20/10/2018).

Ia berterima kasih atas partisipasi masyarakat dan besar, dan berikutnya panitia akan melakukan pleno penetapan hasil pemilihan kepala kampung hari ini.

Petahana Kepala Kampung Nafri, Zakarias Hanuebi akhirnya terpilih kembali sebagai kepala kampung tersebut. Pemilihan Kepala Kampung Nafri, mendapat pengawalan ketat dari anggota TNI dan Polri. Pemilihan tersebut diperkirakan akan rawan keamanan itu, berakhir dengan baik dan sportif.

Kandidat nomor urut 5 yang bersaing ketat dengan sang pemenang, Karmel Fingkreuw langsung menjabat tangan pemenang, memberikan ucapan selamat kepada pemenang.

Loading...
;

“Kalah menang  itu soal biasa. Mari kita dukung dia, dukung program-programnya, supaya kita punya kampung ini ke depan lebih aman, lebih baik, mari kita dukung bersama,” kata Fingkreuw usai acara yang berakhir pada pukul 19.30 WIT.

Kepala Kampung Nafri terpilih, Zakarias Hanuebi mengaku senang dan bersyukur terhadap dukungan warga kampung kepadanya untuk periode kedua ini.

Ia mengatakan pergumulan terhadap kampung itu cukup berat, sehingga ia membutuhkan dukungan semua masyarakat dan para kandidat kepala kampung yang bertarung hari ini untuk bersama membenahi berbagai persoalan kampung yang berjarak 9 kilometer dari Kota Abepura tersebut.

“Dalam program kerja yang lalu, masih banyak harus dilanjutkan, dan yang kurang akan dibenahi,” katanya.

Saat ditanya soal prioritas program pada periode kedua ini, Hanuebi menjawab kebersihan, dan pendidikan. Periode kali ini kampung akan membantu memberikan beasiswa kepada anak-anak kampung yang menempuh pendidikan menengah maupun tinggi untuk meningkatkan sumber daya manusia kampung tersebut.

“Untuk kebersihan, saya masih harus menjawab tantangan bapak Wali Kota untuk menertibkan hewan di kampung ini. Saat itu saya menjawab lebih mudah mengatur manusia dari pada hewan, karena menyangkut budaya. Tapi periode ini saya akan berusaha menjawab tantangan itu. Semua hewan akan dikandangkan,” jawabnya.

Kepala oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung  (BPMK) Kota Jayapura, Jacobus Itaar yang mengikuti acara pemilihan itu dari pagi hingga malam hari mengucapkan terima kasih kepada dua ondoafi Kampung Nafri, Keondoafian Warke dan Sembekra dan ke-12 kepala suku (marga/keret) atas suksesnya acara hari ini.

Itaar melihat partisipasi warga sejak awal pemilihan hingga malam ini partisipasi masyarakat sangat tinggi. Hampir 90 persen warga datang memilih.

“Itu artinya mereka ingin ada kemajuan di kampung mereka. Itu sangat baik. Apalagi dana yang turun ke kampung sangat besar, hampir Rp 8 miliar pada tahun ini. Sehingga partisipasi masyarakat, kepala suku, ondoafi dalam pembangunan sangat diharapkan. Sesuai dengan visi misi bapak wali kota,” katanya.

Itaar menjelaskan pertanggungjawaban penggunaan dana tahun 2017, dari desa maupun dana lainnya oleh Kampung Nafri sudah masuk ke pihaknya. Namun untuk tahun ini dan kedepan pertanggungjawaban dana sudah harus menggunakan aplikasi sistem keuangan desa (Siskedes).

“Mulai tahun ini teman-teman di kampung sudah harus menggunakan aplikasi itu. Kami akan bina mereka, sehingga mampu menggunakan aplikasi Itu, Itu tantangan yang harus kita jawab bersama,” jelasnya.

Pemilihan Kepala Kampung Nafri, Kota Jayapura dilaksanakan Sabtu (20/10/2018). Hasil pemilihan delapan kandidat calon kepala kampung bertarung dalam pemilihan tersebut adalah

  1. Ayub Semuel Sibri                           :  140      suara
  2. Zakarias Hanuebi, S.Th, M.Si          :  298      suara
  3. Yafet Srem-srem                              :    40      suara
  4. Oktovianus Awinero                         :    97      suara
  5. Karmel Fingkreuw S.Sos                  :  246      suara
  6. Yohan Merahabia, SH                      :    85      suara
  7. Nadap Awi Fingkreuw                      :    26      suara
  8. Ferdinan Hanuebi, SE                     :    36      suara
  9. Suara tidak sah                                :    11      suara

Kampung berikutnya yang akan melakukan pemilihan adalah Kampung Koya Koso. Pemilihan diperkirakan akan berlangsung pada Januari 2019.(*)

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top